Senin, 12 Desember 2011

DUKUN GENIUS


 Ini adalah Teks Drama Musical yang dibuat gue  dibantu oleh rekan2 gue Reni, Dinda, and Memel tanpa kalian mungkin teks ini lama selesainya .. thanks guys :*
thanks juga buat tokoh2 yang mensukseskan drama musikal kelompok kita, berikut nama aktris2nya :
-Nurhaya Aditya P sebagai mahasiswi baru
-Nidya Asyifa sebagai dinda
-Reni Putri M sebagai kakak dinda
-Oka alvionita sebagai dosen batak killer
-Irfan Sami sebagai dukun+narator
-Reza Destrian N sebagai reza
-Niko Rachman sebagai niko
-Khoirini Eka P sebagai teman aya
-Lili Putri sebagai teman dinda+penata musik
-Risma sebagai ibu kantin+penata dekorasi
-Melinda Ima sebagai dosen kesiswaan
-Widad Azahra sebagai dosen baik
-Rini Lakmita sebagai kakak reza

Jam sudah menunjukkan pukul 7 pagi dan alarm sudah berbunyi, tetapi dinda pun tak kunjung bangun.
Adegan 1.
Reni       : ”ini si dinda kemana? Emang ga ke kampus apa?” (Berjalan menuju kamar dinda).
Reni       :  “eh din bangun lu, udah siang. Emang gak kuliah lu? Eh bangu”.
Dinda    : “ah... apaan sih lu berisik. Gue masih ngantuk tau”.
Reni       : “yeh ni anak udah di bangunin malah ngeyel. Noh liat udah jam berapa!”.
Dinda    : “ha? Mati gue 15 menit lagi gue masuk”.
Reni       :  “yaudeh sono mandi, entar telat aje”.
Dinda pun segera bergegas ke kamar mandi, dinda pun akhirnya pergi terburu-terburu. Sedangkan reza dan nicko sedang menunggu dinda di kampus.
Reza      :  “eh ko, lihat si dinda ngga?”.
Nicko     :   “kaga, kemana kali tuh anak, jam segini belum dateng”.
Dinda    :   ”sorry-sorry gue telat”.
Reza      :  “aih... kemana aje lu? Ayuk cepet masuk ke kelas!”.
Dinda, Nicko, dan reza bergegas masuk kelas. Didalam kelas, sang dosen yaitu ibu oka sedang menerangkan pelajaran fisika. Kemudian Dinda,Reza,dan Nicko masuk dengan mengendap-endap.
Oka        :   “hei... kalian bertiga! Sedang apa kalian disana ?”.
Nicko     :  “eh ibu, apa kabar bu ?”.
Oka        :   “apa kabar, apa kabar... darimana kalian ? kenapa baru datang jam segini ?”.
Dinda    :   “maaf deh bu, saya kesiangan tadi”.
Oka        :   “sudah jangan banyak alasan! Sekarang kalian bertiga berdiri disana! Angkat kaki kanan kalian dan taruh tangan kalian di telinga sampai pelajaran selesai!”.
Reza      : (berbisik)” alah udah kuliah masih jaman aja ngehukum kayak gini, dasar nenek lampir!”.
Oka        :  “REZA bicara apa kau barusan? Hah ?”.  
Reza      :  “eng..engga bu.”
Mereka pun mengikuti perintah Ibu Oka

Adegan 2
Setelah pelajaran fisika selesai pergantian pelajaran selanjutnya adalah PKN, tetapi Reza,Niko dan Dinda membolos pelajaran tersebut karena mereka bertiga tidak menyukai dan merasa bosan dengan pelajaran PKN.
Reza      :  “weh guys! Madol yuk, boring nih gue!”.
Niko       :   “ayuklah, gue juga bete banget nih, ayo din cabut!”. (sambil meraih tangan dinda)
Dinda    :   “ih cabut apaan? Cabut rumput?”.
Reza      :  “bukan bloon, cabut! Kita madol!”.
Akhirnya mereka bertiga pun membolos pelajaran PKN. Tiba-tiba mereka bertiga kepergok oleh bu Melin, dosen kesiswaan di Universitas mereka. Bu Melin merupakan guru yang terkenal killer dan judesnya di Universitas mereka.
Melin    :   “Reza,Niko,Dindaaaaaaaa, kalian bertiga mau kemana?? Kembali kekelas sekarang!”.
Niko       :   “eh gimana nih, gimana?”.
Reza      :  “1...2...3... CABUUUUUUUT!”. (sambil berlari)
Adegan 3
                Setelah mereka bertiga berhasil kabur, mereka pun pergi ke sebuah tempat asing yang mereka tidak ketahui.
Reza      :   “stop stop guys! Ini kita dimana?”.
Niko       :   “kayaknya kita nyasar, ah lo sih Za!”.
Dinda    :   “ih, gimana jalan pulang kerumahnya? Kita kan gak tau daerah sini..”. (dengan tampang yang memelas)
                Mereka bertiga kebingungan, merka terus mencari jalan keluar. Tiba-tiba mereka bertiga menabrak sebuah batu yang sangat besar, dan ternyata itu adalah sebuah GOA.
Dinda    :  “mendingan kita bermalam disini aja deh! Udah malem nih”.
Niko       :  “iyakadang-kadang lo pinter juga ya din, ayuklah!”.
                Mereka bertiga pun akhirnya masuk kedalam GOA, dan tiba-tiba mereka terkejut dengan sebuah bayangan hitam yang besar.
Reza      :    “guys.. guys! Apaan tuh?”.
Niko       :    “wah, jangan-jangan jangan-jangan!”.
                Bayangan hitam itu semakin lama semakin mendekat. Mereka bertiga sangat parno ketika bayangan itu semakin mendekat ke arah mereka.
Reza,Niko,Dinda : “SETAAAAN!!”.
                Ketika mereka berlari tiba-tiba dukun yang mereka kira setan itu menghadang mereka bertiga.
Dukun   :  “siapa kalian? Mengapa kalian ada di singgasanaku? Mau apa kalian disini?”.
                Mereka bertiga terkejut ketika sang dukun menghampiri mereka, dan anehnya dukun itu menggengam sebuah buku yang ternyata itu adalah buku FISIKA.
Niko       :  “(berbisik kearah Dinda) Din, ini dukun apa dosen ya... baju?bajunya dukun, tapi pegangannya buku FISIKA”.
Dinda    : “iya nik, biasanya dukun kan pegangannya kemenyan dan jimat-jimat ngga jelas gitu ya. Ini mah malah buku fisika”.
                Reza buru-buru mencairkan keadaan.
Reza      :  “sorry, eh maaf mas dukun kita bertiga disini tersesat dan gak tahu jalan pulang. Kebetulan kita menemukan goa ini dan kita bertiga berniat bermalam disini mas dukun”.
Dukun   :  “mas dukun, mas dukun.. memang saya tukang cendol apa mas-masan! Saya adalah penghuni goa ini HA..HA..HA”.
Niko       :  “terus kenapa mas dukun, eh pak dukun, eh bang dukun, eh om dukun memegang buku fisika? Biasanya kan para dukun pegangannya jimat-jimat ga jelas”.
Dukun   :   “saya dukun bukan sembarang dukun, mengerti! Goa ini adalah sebuah sekolah, tapi sekolah ini ga laku-laku. Ga ada satu murid pun yang ingin berguru dengan saya. Kalau kau belajar disini kau akan pintar”.
                Si dukun pun meninggalkan mereka bertiga.
                Entah mengapa kalimat yang diucapkan si dukun membuat Reza, Niko, dan Dinda terhipnotis. Mereka menunjukkan tampang paling cool sejagat raya. Mereka bertiga sangat penasaran dengan kalimat si dukun, dan mereka bertiga ingin mempelajari semua kemampuan yang dimiliki dukun tersebut dan mereka sepakat untuk berguru dengan si dukun.
****
Adegan 4
Dukun   :   “mending, sekalian kalian pulang dulu kerumah, gantilah pakaian kalian, saya sudah merasakan aroma-aroma yang nggak lazim buat dicium sama hidung saya.
                Dinda, Reza, dan Nicko mencium aroma tubuh teman-temannya.
Reza      :  “Anjrit Ko! Asem amat badan lu! Ngga mandi berapa tahun?”. (sambil mendorong Nicko)
Nicko     :  “Bukan gue, noh si Dinda yang nggak mandi-mandi!”.
Dinda    :  “Enak aje, lu noh!”.
****
                Sesampainya di rumah...
Kak Rini                :  “Ya Allah za... Kemana aja? Gue sampe nyariin lu di kantor Lurah!”.
Reza      :  “Kantor lurah? Ada juga nyari orang hilang mah di kantor polisi, mpok! Ya biasa, gue ada urusan yang nggak bisa ditinggalin mpok...”.
Kak Rini                :  “Gaya lu selangit, masih orok aja belagu banget lu Za”.
Reza      : “Yeeeh, si mpok ngedumel aja, udah ah gue mau mandi dulu”.
                Beda situasinya di rumah dinda...
Reni       :  “Dindaaa... Lu kemana aja? Pergi nggak balik-balik udah kayak bang toyib”. (lirik lagu bang toyib)
Dinda    : “Gue tuh nggak balik karena kesasar di hutan kak. (sambil memakan roti milik kakaknya) Enak kak rotinya!”.
Reni       :  “pantes aja pulang-pulang lu udah kayak tarzan, nggak tau bentuk muka dan badan lu”.
Dinda    :  “Terserah lu lah mau tarzan kek, mau orang utan kek. Udah ah gue mau mandi dulu!”
****
Adegan 5
Mereka bertiga kembali pergi ke GOA untuk berguru dengan si dukun. Di situasi lain, di kampus mereka Bu Widad mencari-cari keberadaan mereka bertiga.
Widad   : “Bu Melin, tau nggak dimana keberadaan tiga mahasiswa kita si Dinda, Nicko, dan Reza?”.
 Melin   : (lirik lagu ayu ting-ting) “Saya juga nggak tau dimana mereka”.
Widad   :  “Aduh tuh anak tiga ngerepotin banget. Geregetan jadinya”. (lirik lagu sherina)
Melin    :  “Iya kemarin, Dinda, Nicko, dan Reza itu bolos kuliah bu. Mereka bertiga emang badungnya kelewatan!”.
Widad   : “Ya begitulah anak zaman sekarang, cepat merasa bosan”.

Dukun   :  “oke, sekarang kita mulai masuk pelajaran!”. (sambil melempar buku-buku ke arah mereka bertiga awalnya buku itu terjatuh tapi dukun meminta mereka mengulanginya lagi samapi benar-benar tertangkap dan yang kedua mereka berhasil menangkap lemaran buku dari sang dukun )
                *Sang dukun memulai pelajaran fisika* (materi)
Dinda    :  “om dukun, itu kan caranya panjang dan ribet banget!”.
Dukun   :  “enggak, kamu salah. Ini tuh soal yang sangat mudah. Jadi, tinggal masukkin rumus dan selesai”.
                Mereka bertiga ternganga soal dan jawabannya panjang seperti rel kereta api, tapi di tangan seorang dukun semuanya menjadi seperti sebuah footnote singkat, dan mereka terus bersemangat berguru dengan si dukun. Tak terasa waktu cepat berlalu, matahari pun sudah mulai menenggelamkan sinarnya. Waktunya Dinda,Niko, dan Reza pulang ke rumah. Selama di perjalanan mereka membicarakan guru Goa-nya tersebut.
Reza      :  “gua gak nyangka guys, ternyata guru goa kita lulusan dari Universitas di Rusia dan salah satu mahasiswa terpintar satu angkatan”.
Dinda    :  “iya, hebat ya, amajing banget”.
Niko       :  “lu berdua ngomong apasih, mahasiswa terpintar? Siapa emang?”.
Reza      :  “ah... mulai lagi nih anak penyakit telminya kambuh”.
                Mereka pun saling mengejek satu sama lain di selingi canda dan tawa diantara  mereka.
                Sesampainya di rumah..
Ka Rini   : “ Za, lo gak masuk kuliah?”.
Reza      :  “enggak mpok, bete gua pelajarannya gitu-gitu aja ga ada yang berubah-rubah! Udah ah gua mau tidur dulu, capek banget gue!”.
                Disisi lain dirumah Dinda...
Reni       :  “din, lu kaga kuliah emang?”.
Dinda    :  “kuliah kok kak”.
****
                Keesokan harinya Dinda,Niko, dan Reza membolos kuliah lagi untuk berguru ke dukun. Setelah beberapa jam mereka di jalan, akhirnya mereka tiba di goa.
Dukun:  “There is always the danger that we may just do the work for the sake of the work. This is          where the respect and the love and the devotion come in - that we do it to God, and that's               why we try to do it as beautifully as possible.
Dinda,Niko,Reza hening sejenak mereka bertiga ternganga melihat dukun berbicara bahasa inggris.
Dinda,Niko,Reza: “yes,yes, i’m fine. Ya ya ya guys kita fine-fine aja kan?”.
Dukun   :   “saya bicara apa,kalian jawab apa”.
                Mereka tertawa bersama-sama
                Setelah beberapa jam mereka belajar dengan dukun. Mereka kembali kerumah masing-masing.
****
Adegan 6
Seminggu sudah berlalu, mereka kembali ke kampus, dan mereka pun dipanggil oleh guru kesiswaan.
Melin    :  “DINDA,NIKO,REZA KALIAN NIAT KULIAH NGGA SIH? SUDAH SEMINGGU KALIAN NGGA MASUK KULIAH. KALIAN MAU IBU DROP OUT? HA? MAU?”.
Widad   :  “sudah,sudah bu jangan marah-marah dulu kita tanya mereka baik-baik”.
Melin    :  “bu, anak macam mereka ini ngapain di baik-baikin, ngapain coba ibu bela-belain mereka?”.
Widad   :  “sudah bu, kita tanya mereka baik-baik tanpa ada emosi”.
                Reza berdiri, lalu menunjuk ke arah bu Melin.
Reza      :  “tau nih ibu marah-marah aja, gak takut cepat tua apa bu?”.
                Bu Melin melotot ke arah Reza
Widad   :  “oke, kemana aja kalian selama seminggu gak masuk kelas kuliah?
Dinda    :  “jadi gini bu ceritanya (Reza,Niko mengikuti gerak Dinda) lu pada ngapain ngikutin gua?
Reza,Niko:  “oh iya ha..ha..ha lanjutkan din!”.
Dinda    :  “jadi kita tuh bosen bu belajar di kampus, pelajarannya bikin BT dosennya heeeh apa lagi bu”.
Rez         : (menceletuk) “kayak macem nenek lampir sih batak toba bu”. (sambil mengikuti logat batak bu Oka)
Dinda    :  “terus kita waktu itu bolos pelajaran PKN bu, dan ketauan sama bu Melin.”
Setelah beberapa jam masalah mereka bertiga diselesaikan, akhirnya bu Widad dan bu Melin memutuskan untuk menDropOut mereka dari kampus. Mereka bertiga pun diizinkan masuk ruang kelas ketika Niko, Reza dan Dinda masuk kelas ternyata ada seorang mahasiswi baru yang membuat mereka terpesona akan sosoknya. (soundtrack lagu Slank-Pandangan Pertama)  Ibu oka pun memperkenalkan mahasiswi baru tersebut.
Ok          :  “Selamat Pagi, hari ini kita kedatangan teman baru namanya Aya, dia mahasiswi pindahan dari UNDIP”.
Niko       :  “Mba aya udah punya pacar belum ? ha..ha..ha”.
Aya hanya tersenyum manis.
Oka        :  “baik aya, sekarang kamu duduk disebelah rini”.
Aya        :  “terima kasih bu”. (aya pun lalu duduk disamping Rini)
Rini         :  “hai kenalin nama gue Rini”. (sambil menjulurkan tangannya )
Aya        :  “hai juga nama gue Aya”. (sambil membalas jabatan tangan Rini), tinggal dimana Rin ?
Rini         :  “di kos-kosan sekitar kampus, lo dimana?”.
Ay           :  “wah sama dong , gue juga tinggal kos-kosan sekitar kampus, bisa dong kita berangkat bareng?”.
Rini         :  “oh boleh banget”.
Bel istirahat pun berbunyi yang sekaligus menandakan bahwa pelajaran ibu oka telah selesai. Niko, Reza, Dinda, Aya dan Rini pun ke kantin kampus.
Dinda    :  “Reza sono lo yang mesen deh, apa aja terserah lu, kecuali niko kasih makan angin aja dia”.
Niko hanya termenung tablo
Reza      :  “bu, baksonya 3 ya sama teh aqua, eh teh botol bu maksudnya 3 juga. Oh ya bu kalau nanti ada cewek yang namanya ‘Aya’ pesen bakso sampein salam cinta ke dia ya bu”.
Risma    :  “oke deh siap!”.
Beberapa menit kemudian pesanan yang mereka pesan tiba. Ketika mereka bertiga sedang makan tiba-tiba Aya dan Rini lewat  Niko dan Reza terpana melihat kecantikan wajah aya.
Rini         :  “Aya, lo mau apa? bakso juga?”.
Aya        :  “oh iya boleh deh, samain aja kayak lo”. J
Rini         :  “bu baksonya 2, jus mangga 2“.
Risma    :  “oke cantik, rin itu disebelahnya siapa ? ibu kok baru liat ya?”.
Aya        :  “iya bu, saya mahasiswi baru disini”.
Risma    :  “oh... pantesan saya baru lihat kamu, oh ya nama kamu Aya ya ? ada salam cinta tuh dari cowok disebelah sana”. ( bu risma sambil menunjuk kearah Niko dan Reza ).
Aya pun menengok ke arah mereka
Niko dan Reza :  “haaaaiiiii..... (sambil melambaikan tangan mereka ).
Aya melambaikan tangannya juga ( soundtrack Inikah Cinta ).
                Setelah beberapa hari mereka saling kenal, Niko dan Reza pun bertekad untuk menyatakan cintanya kepada Aya.
Reza      :  “siap-siap aja lo ditolak mentah-mentah sama Aya, gue nih yang bakalan jadi pangeran dia”.
Niko       :   “wuuih.. lewatin dulu mayat gue kalau lo mau dapetin aya”.
Dinda    :  “lo pada mau ngapain sih ?”.
Reza dan Niko : “mau nyatain perasaan gue ke aya lah”.
Dind       :  “lo berdua sadar ga sih, kalau hubungan persahabatan kita tuh ga seakrab dulu! Lo berdua lebih mentingin cewek itu daripada persahabatan kita”.
Dinda lalu pergi meninggalkan reza dan Niko
Reza      :  “kenapa tuh anak ?”.
Niko       :  “lagi dapet kali za, biarin deh”.
****
Dinda    :  “li, gue kesel sama Niko & Reza mereka ga sadar kalau persahabatan kita bertiga ga seakrab dulu semenjak mereka terobsesi jadi cowoknya sih aya. Gue kehilangan mereka banget li”.
Lili           :   “Iya din, gue juga ngerasa lo sekarang jarang banget bareng sama mereka biasanya kalau lo bertiga udah ketemu kayak saudara kembar yang dipisahkan terus bersatu lagi”.
Dinda    :  “iya li, sedih banget gue kenapa sih tuh anak 2 lebih mentingin cewek daripada sahabat mereka sendiri li”.
Lili           :  “ya biasalah cowok emang kayak gitu, biarin aja deh dulu mereka nikmatin masa jatuh cintanya din, kan masih ada gue ;)”.
dinda     :  “makasih ya li. Lo emang temen gue yang paaaling baik”. (sambil memeluk lili )
****
Aya dan Rini sedang berjalan ditaman UI, tiba-tiba Niko dan Reza menghampri mereka berdua.
Niko       :    “gua duluan!”.
Reza      :   “apaan lu, gue duluan!”.
Aya        :  “kalian kenapa sih ?”.
Niko       :  “Aya gue suka sama lo!”. ( sambil meraih tangan aya)
Reza      :  “ih apaan sih lo dia milik gue!”. ( soundtrack lagu Yovie & Nuno- Dia Milikku ).
Aya        :   “Stoooooooppppp..... apa-apaan sih lo berdua, gue ngga suka sama lo berdua dan cara lo berdua itu lebay, lagipula gue juga udah punya pacar, jadi gue minta lo berdua jauhin gue . ‘sorry’ , ayuuk Rin”. (sambil mengajak Rini pergi ).
(Soundtrack lagu Olga- Hancur Hatiku) Reza dan Niko hanya meratapi kepergian Aya.
****
Universitas Indonesia mengadakan perlombaan berskala nasional dan yang mewakili dari UI adalah niko, Reza dan Dinda. Mereka pun belajar dengan giat untuk mengikuti perlombaan tersebut.
Setelah beberapa hari kemudian perlombaan pun dimulai dan akhirnya Dinda, Niko dan Reza berhasil memenangkan kejuaran tersebut. Dinda, Niko dan Reza teringat akan jasa-jasa sang dukun yang telah membuat mereka bertiga menjadi se-genius itu, dan Dinda, Reza dan Niko memutuskan untuk menemui sang dukun untuk mengabari bahwa mereka telah berhasil memenangkan lomba kejuaraan tersebut. Tapi disaat itu dinda tidak bisa karena ada urusan dengan keluarga binatang peliharaannya. Reza dan Niko bergegas pergi ke Goa.
****
Reza      :   “om dukun, om dukun ... kita menang, kita berhasil bawa piala”. (sambil lari-lari kegirangan)
Suasana sangat hening didalam, Niko dan Reza sangat kebingungan mereka pun mencari om dukun.
Niko       :  “om.. om dukun dimana ?”.
Reza      :   “iya nih dimana sih ? jangan main petak umpet dong om, udah ngga jaman tau”.
Lalu reza menemukan sepucuk kertas diatas batu besar tempat dimana om dukun duduk dan ternyata itu adalah sepucuk surat dari om dukun
Reza      :  “ko, kertas apaan nih, buka ya ?”.
Niko       :   “yaudah buka aja, kali aja itu petunjuk buat nyari sih om dukun yang ngumpet”.
Isi surat :
“Niko, Reza, dan Dinda om dukun izin meninggal karena sudah saatnya saya kembali kepada Yang Maha Kuasa, saya tahu bahwa kalian akan kembali ke sini untuk memberitahu bahwa kalian telah berhasil memenangkan kejuaraan dan pasti kalian membawa piala yang akan ditunjukkan kepada saya. Saya hanya bisa mengucapkan ‘SELAMAT’ untuk kemenangan kalian, dan selamat jalan saya pergi dan mungkin tak akan kembali lagi . saya menunggu kalian dialam selanjutnya .. ha...ha...ha”
Salam manis Om dukun yang super duper GANTENG
Nb          : itu sih dinda kok gada ? kemana ? ..

guru senibudaya : kelompok ini lebih baik dan bagus dari kelompok sebelumnya, lebih terarah namun di tengah drama ada teks yang tidak dibacakan oleh tokoh ..
with love Aya..

0 komentar: